Minggu, 31 Januari 2016

Kalimat "Pajajaran" Dan "Siliwangi" Dalam Tembang Sunda

Sastra dan sejarah memiliki sifat yang berbeda. Sastra bersifat imajinatif sedangkan sejarah bersifat faktual. Meskipun demikian, senyatanya tidak sedikit karya sastra yang menjadikan sejarah sebagai bahan bakunya sehingga munculah istilah yang disebut novel sejarah. Karya-karya sastra yang bernuansa sejarah, dalam batas dan kadar tertentu juga setelah disikapi dengan sangat kritis, bisa menjadi sumber  sejarah. Ini pun berarti sastra dapat mencerminkan realitas.

Di Tatar Sunda, sejarah (nama diri, peristiwa, suasana) yang banyak dijadikan bahan baku penulisan karya sastra adalah  “Pajajaran“ dan “Siliwangi“. Pajajaran adalah nama Kerajaan Sunda setelah pindah dari Kawali, Ciamis ke Pakuan Pajajaran, Bogor. Siliwangi adalah nama lain dari Sri Baduga Maharaja. Siliwangi merupakan raja Kerajaan Sunda (Pakuan Pajajaran) yang bersifat  primus inter pares; raja  pinunjul di antara raja-raja lainnya. Di masanya Kerajaan Sunda mengalami zaman keemasan. Kondisi Kerejaan Sunda setelah Prabu Siliwangi terus-menerus mengalami keterpurukan sampai akhirnya runtuh (1579). Oleh karena itu bisa dipahami bila ada masayarat Sunda yang berfikir dan berbuat  hal-hal yang bersifat nostalgik jika menghadapi situasi-situasi yang tidak menguntungkan pada zamannya. Salah satu objek nostagianya adalah Kerajaan Pajajaran pada masa Prabu Siliwangi.

LAUT KIDUL
(diambil dari Volksalmanak Soenda 1921: 240-246 
dalam Van Zanten,  1984: 309-310)

Laut kidul kabeh katingali
Ngembat paul kawas dina gambar
Ari ret ka tebeh kaler
Batawi ngarunggunuk
Lautna mah teu katingali
Ukur lebah-lebahna
Semu-semu biru
Ari ret ka kaler-wetan
Gunung Gede jiga nu ngajakan balik
Meh bae kapiuhan.

Matak waas pacampur jeung sedih
Gunung-gunung kabeh narembongan
Gunung Pangrango ngajogo
Bangun nu diharudum
Ngadagoan nu tacan sumping
Dumeh ditilar
Mani alum nguyung
Nguyung wuyung karungrungan
Ngan dijieun Pangrango ciciren nagri
Nagara Pajajaran.

Pajajaran tilas Siliwangi
Wawangina nu kari ayeuna
Ayeuna nya dayeuh Bogor
Batutulisna kantun
Kantun liwung jaradi pikir
Mikir nu disadana
Henteu surud liwung
Teuteuleuman kokojayan
Di Ciliwung nunjang ngidul Siliwangi
Nuus di Pamoyanan.


PAPATET
(diambil dari Volksalmanak Soenda 1927: 30 
dalam Van Zanten, 1984: 306-307)

Gunung  Galunggung kapungkur
Gunung Sumedang katunjang
Talaga Sakawayana
Rangkecik di tengah leuweung
Ulah pundung ku disungkun
Ulah melang teu diteang
Tarima raga wayahna
Ngancik di nagara deungeun.

Gunung Gede siga nu nande
Nandean ka badan kuring
Gunung Pangrango ngajogo
Ngadagoan kuring wangsul
Wangsul ti pangumbaraan
Kebo mulih pakandangan
Nya muncang labuh ka puhu
Pulangkeun ka Pajajaran.
  

TEJAMANTRI
(diambil dari Volksalmanak Soenda 1927:132
dalam van Zanten, 1984: 306)

Nya gunung banyuan ratu
Lebak panyangkaan ménak
(geuning, Juragan)
Ratu diriung ku gelung
Ménak digéndéng ku angkéng
Dipeuseulan ku pinareup
(anggeus, Raden)
Kawantu ratu kapungkur
Nyieun sakawenang-wenang (2x)

Cenah mana geuning salaki kuring
Lain menak pupulasan
Lain cacah kuricakan
Terusan Gunung Gumuruh
Pencaran balik-salaka
Mustika ti Pajajaran
Sumangga kuring pulangkeun
Pulangkeun ka Pajajaran
Kategori : , , , , ,

PERSONAL

Tentang Ibo Zavasnoz.

Tentang Karinding.

Tentang Iket Sunda Kiwari.

TERAKHIR DILIHAT